3 Cara Membuat QR Code, Cara Cepat Berbagi Tautan Bisnis Anda!

cara membuat qr code

3 Cara Membuat QR Code, Cara Cepat Berbagi Tautan Bisnis Anda!. Anda pasti penasaran bagaimana cara membuat QR Code yang cepat dan mudah. Pasalnya, belakangan ini, penggunaan Quick Response Code (QR Code) menjadi pilihan dalam berbagi tautan.

Dengan mengetahui cara membuat QR Code, pengguna tidak perlu menyertakan tautan yang terkadang terdiri dari kombinasi huruf dan angka yang cukup rumit. Bisa dibilang, jika Anda mengetahui cara membuat QR Code maka akan sangat memudahkan dalam berbagi segala hal secara digital.

QR Code menjadi alat pindai dengan tingkat respon sangat cepat yang digunakan untuk berbagai kepentingan. Khususnya untuk berbagi tautan.

Dengan mengetahui cara membuat QR Code, Anda bisa berbagi poster, undangan, katalog, dan sebagainya. Bahkan alat pembayaran saat ini ikut menggunakan QR Code untuk efisiensi kerja.

Perusahaan-perusahaan juga sudah mulai memanfaatkan fasilitas ini, khususnya untuk memindai produk, distribusi, dan packaging. Bahkan, QR Code digunakan oleh hampir setiap perusahaan logistik/ ekspedisi yang ada di Indonesia.

Tentunya, membahas cara kerja dan cara membuat QR Code sangat menarik. Anda hanya membutuhkan perangkat berupa kamera smartphone dan aplikasi pemindai QR Code untuk mengakses tautan yang berisi informasi, gambar, teks, atau file lain dengan cepat dan mudah.

3 Cara Membuat QR Code untuk Berbagi Tautan

Hadirnya QR Code sudah merambah untuk berbagai tingkat kepentingan, seperti komersial, pendidikan, bisnis, dan kepentingan umum lainnya.

Jika Anda ingin mudah dalam berbagi tautan, baik hanya sekedar informasi atau penawaran bisnis, tidak ada salahnya untuk menggunakan fasilitas QR Code ini.

Anda bisa membuatnya sendiri, karena cara membuat QR Code tidaklah sulit. Anda hanya membutuhkan perangkat smartphone yang dilengkapi dengan kamera dan menggunakan aplikasi yang tersedia di google play (playstore).

Berikut ini, Anda akan diberikan panduan berupa cara membuat QR Code. Namun, sebelum pada tahapan cara membuat QR Code, Anda harus tahu terlebih dahulu seluk beluk dari QR Code, termasuk cara kerja dan beberapa aplikasi yang bisa digunakan.

 

Baca juga:7 Ide Kreatif Menggunakan QR Code untuk Pemasaran Bisnis

 

Mengenal QR Code

Quick Response Code (QR Code) adalah bentuk evolusi kode batang (barcode) dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Quick Response memiliki arti respon cepat, sehingga penamaan ini merujuk pada media yang mampu menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula.

QR Code pertama kali dikembangkan oleh salah satu divisi dari Denso Corporation (Jepang), yaitu Denso Wave. QR Code pada awalnya digunakan untuk pelacakan kendaraan yang digunakan pada bagian manufaktur.

3 Cara Membuat QR Code untuk Berbagi Tautan

Masahiro Hara (engineer Denso Wave yang menciptakan QR Code)

Namun, saat ini QR Code digunakan dalam konteks yang lebih luas seperti aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi yang berorientasi untuk para pengguna telepon seluler.

QR Code sudah sangat berbeda jauh dengan barcode yang hanya menyimpan informasi secara horizontal. QR Code mampu menyimpan informasi secara dua arah, yaitu horizontal dan vertikal sehingga secara otomatis dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada barcode.

Penggunaan QR Code sangat populer di Jepang dan beberapa negara lain seperti Indonesia. Hampir semua jenis ponsel di Jepang bisa membaca QR Code.

Bahkan,  sebagian besar pengusaha telah memilih QR Code sebagai alat tambahan dalam program promosi produknya, baik yang bergerak dalam perdagangan maupun dalam bidang jasa. Secara umum, QR Code digunakan untuk menanamkan informasi alamat website suatu perusahaan.

 

Cara Kerja QR Code

Sebelum masuk ke tahapan cara membuat QR Code, perlu bagi Anda untuk tahu terlebih dahulu cara kerja dari QR Code. Ilustrasi cara kerja dari QR Code ini adalah ibarat hyperlink fisik yang dapat menyimpan alamat (URL), nomor telepon, teks, dan pesan yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, kartu nama, atau media lainnya.

Kehadiran QR Code memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara lebih efektif dan efisien. Selain itu, pengguna juga dapat menghasilkan dan mencetak sendiri QR Code untuk orang lain dengan mengunjungi salah satu dari beberapa ensiklopedia QR Code.

QR Code dapat digunakan pada perangkat berupa ponsel (smartphone) yang memiliki aplikasi pembaca QR Code dan mendukung akses internet GPRS, WiFi, atau jaringan 3G.

3 Cara Membuat QR Code untuk Berbagi Tautan

Pengguna ponsel hanya perlu mengaktifkan program pemindai QR Code dan mengarahkan kamera ke QR Code. Selanjutnya, program pembaca QR Code tersebut akan secara otomatis memindai data yang telah tertanam sebelumnya. Jika QR Code berisikan alamat suatu situs, maka pelanggan akan langsung diarahkan untuk mengakses situs tersebut tanpa harus terlebih dulu mengetikkan alamat dari situs yang dituju.

QR Code memiliki kemampuan untuk menyimpan data jenis numerik hingga 7.089 karakter, data alphanumerik hingga 4.296 karakter, kode biner hingga 2.844 byte, dan huruf kanji hingga 1.817 karakter.

 

Cara membuat QR Code

Saat ini, semua orang dapat dengan mudah membuat QR Code sendiri dengan mudah. Cara membuat QR Code dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan situs-situs QR Code. Anda dapat dapat diakses situs tersebut secara gratis di internet.

Cara membuat QR Code juga cukup praktis karena Anda hanya perlu memasukkan tautan atau link yang ingin dibuatkan QR Code. Tautan tersebut dapat berisi teks, gambar, video, kontak, lokasi, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin membuat QR Code sendiri, berikut situs-situs yang dapat Anda gunakan.

 

1. QR Code Generator

QR Code generator merupakan situs pembuat QR Code yang mudah digunakan. Cara membuat QR Code melalui situs ini juga cukup mudah, karena Anda cukup mengunjungi situs https://www.qr-code-generator.com, kemudian masukkan tautan yang akan dibuat QR Codenya.

3 Cara Membuat QR Code untuk Berbagi Tautan

Keunggulan dari QR Code Generator adalah Anda bisa menentukan warna dari QR Code, bingkai, dan menyisipkan logo pada QR Code yang akan Anda buat.

Saat ini, QR Code Generator sudah tersedia untuk aplikasi android, sehingga cara membuat QR code semakin mudah Anda lakukan. Anda cukup mengunduh dan menginstal aplikasinya pada smartphone.

 

2. QR Code Monkey

Cara membuat QR Code selanjutnya bisa Anda lakukan dengan QR Code Monkey. Secara umum, QR Code Monkey mirip dengan QR Code Generator.

Namun fungsi dari QR Code Monkey sedikit lebih banyak karena memungkinkan Anda untuk membentuk sebuah QR Code dan menyimpannya dalam format PNG, SVG, PDF, dan EPS. Tidak hanya itu, resolusi yang dihasilkan juga cukup tinggi.

3 Cara Membuat QR Code untuk Berbagi Tautan

Cara membuat QR Code dengan QR Code Monkey juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengunjungi situsnya di https://www.qrcode-monkey.com.

 

3. QR Stuff

QR Stuff juga merupakan pilihan alternatif yang memfasilitasi cara membuat QR Code dengan mudah. Keunggulan dari QR Stuff adalah tampilan situs yang cukup sederhana dan ringan, meskipun untuk menambahkan gambar diperlukan berlangganan menjadi member QR Stuff, namun fitur yang ditawarkan tidak kalah canggih dari pembuat QR Code lainnya.

3 Cara Membuat QR Code untuk Berbagi Tautan

Anda dapat membuat QR Code dengan beragam variasi warna dan menyimpannya dengan berbagai format dengan resolusi yang tinggi.

 

Baca juga:7 Ide Kreatif Menggunakan QR Code untuk Pemasaran Bisnis

 

Selain ketiga situs tersebut, masih banyak situs lain yang memungkinkan Anda untuk memiliki QR Code dengan cara membuat QR Code yang mudah.

Dari informasi di atas, tentunya Anda bisa menilai sendiri bahwa cara membuat QR Code sangat praktis dan tidak membutuhkan biaya.

Sehingga, Anda tidak membutuhkan layanan jasa layaknya ketika Anda membutuhkan website untuk bisnis. Selain itu, cara membuat QR Code cukup mudah dipelajari sendiri, sehingga Anda tidak perlu mencari mentor khusus untuk mempelajarinya.

Namun, selain cara membuat QR Code, hal yang terpenting untuk Anda perhatikan adalah prospek QR Code tersebut bagi Anda. Misalnya, jika Anda adalah seorang pebisnis, maka perlu bagi Anda untuk memaksimalkan bisnis dengan QR Code tersebut.

Cara membuat QR Code juga harus Anda kolaborasikan dengan beberapa pengetahuan lain mengenai digital marketing, misalnya pengetahuan dalam membangun sebuah website membuat website bisnis.

Meskipun cara membuat QR Code sangat mudah dan praktis, namun Anda juga harus tetap memaksimalkan untuk strategi bisnis Anda. Misalnya, dengan memanfaatkan QR Code untuk berbagi tautan atau link bisnis Anda!

Kami bantu bagaimana membuat website custom, sesuai dengan jenis usaha dan bisnis anda. Website yang berbeda, karena setiap bisnis mempunyai cirri dan indentitas sendiri yang membawa peluang untuk tumbuh menjadi besar dan sukses.

Hubungi kami – free konsultasi

Click-to-chat-whatsapp-link.png